Background

KUBURAN "VIP" YANG BIKIN LUPA MATI

Mendengar kata 'kuburan' atau 'pemakaman' yang terbayang adalah sebuah tempat sepi dan 'angker.' Namun, kompleks pemakaman super mewah San Diego Hills di Karawang, Jawa Barat, sangat kontras dengan asumsi kebanyakan orang. Jangankan angker, pemakaman yang dihuni jenazah berkelas 'VIP' (Very Important Person) itu malah lebih mirip tempat pelesiran untuk bersantai-santai dan melepas penat.

Betapa tidak? Dilihat dari pintu gerbang sulit menduga San Diego Hills adalah kompleks pemakaman. Pintu gerbangnya dibuat megah dan asri menyerupai kawasan perumahan elit.

Memasuki kawasan seluas 500 hektar itu terlihat hamparan padang rumput yang tertata rapi serta deretan kuburan tanpa batu nisan.

Dari pintu tol Karawang Barat, kompleks pemakaman ini sangat mudah dijangkau. Di dalam pemakaman sejumlah fasilitas disediakan. Manajemen San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Homes menyebut ini sebagai konsep baru sebuah taman pemakaman unik dan terpadu.

Dari situs resmi San Diego Hills yang dikutip Tribunnews.com, Minggu (6/5/2012), menyebut kompleks pemakaman ini sebuah tempat yang pantas untuk mengantar dan mengenang kepergian mereka menuju alam keabadian, sekaligus nyaman dikunjungi seluruh keluarga yang ditinggalkan.

San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Homes merupakan kawasan pemakaman pertama di dunia yang menawarkan kelengkapan fasilitas dan layanan berkualitas antara lain taman pemakaman eksklusif, danau seluas 8 hektar, kapel, musholla, restoran Italia, jogging track, kolam renang, florist & gift shop, padang rumput asri bagi outdoor activity, hingga gedung serba guna berkapasitas 250 orang.

Tak hanya itu San Diego Hills juga menawarkan paket tempat melangsungkan pernikahan dan berwisata di kawasan pemakaman bukan lagi sesuatu hal yang tidak lazim dilakukan.

Pemakaman San Diego Hills merupakan proyek properti prestisius PT Lippo Karawaci Tbk. Disebutkan proyek ini didesain sejak awal dengan melakukan studi mendalam. Adalah taman pemakaman terkemuka dunia, Forest Lawn Memorial Parks and Mortuaries di California Amerika Serikat, yang kemudian diadaptasi konsep dasarnya bagi pendirian San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Homes di areal seluas 500 hektar ini.

Dijelaskan detail layanan dan fasilitas di San Diego Hills dirancang untuk menghormati tata cara penguburan yang sesuai  bagi setiap penganut agama dan tradisi yang majemuk di Indonesia, tanpa mengurangi kedalaman nilai-nilai spiritualnya. Untuk itu area pemakaman  San Diego Hills terbagi menjadi 3 bagian besar yang sarat makna, yakni Universal Garden, Garden of Prosperity and Joy, dan Five Pillars Garden.

ESENSI KEMATIAN

Taqwa kepada Allah SWT adalah bekal yang terpenting untuk hamba Allah guna mendiami alam kubur nanti. Rasulullah SAW selalu mengingatkan umatnya untuk selalu mengingat kematian dan alam kubur. Makam yang nantinya akan jadi tempat tinggal kita yang terakhir akan bersifat fleksibel.

Perbanyaklah mengingat maut, di alam kubur tiada sehari pun yang terlewati kecuali kubur akan berkata, "Aku rumah yang tiada mengenal persahabatan, aku rumah kesendirian, aku rumah yang penuh tanah, aku rumah ulat-ulat".

Apabila seorang mukmin diletakan di dalam kubur, kubur akan berkata, "Selamat datang, bagus engkau telah datang, diantara orang yang tinggal di atas bumi ini engkaulah yang paling kusukai. Sekarang engkau telah tiba maka aku akan berbuat yang terbaik untukmu". Lalu makam akan melebar seluas pandangan mayit dan akan dibukakan baginya pintu surga, sehingga berhembus angin surga kepadanya dan tercium bau harum surga dan bagi seseorang yang berahlak buruk dimasukan keliang kubur, maka kubur akan berkata,"Tiada ucapan selamat datang bagimu, sangat buruk kedatanganmu ini. Dari semua orang yang berada diatas bumi, maka kamulah yang paling kubenci. Sekarang kamu datang kepadaku, maka lihatlah bagaimana aku memperlakukan dirimu". Kemudian kubur akan merapat dan terus menghimpitnya, sehingga tulang rusuknya saling menikam. Lalu datanglah 70 ekor ular untuk menyiksanya. Jika satu saja bisa ular itu menetes ke bumi, tidak sehelai rumput pun yang dapat tumbuh diatasnya. Ular-ular itu terus mematuknya sampai hari kiamat.

Masalahnya adalah apa yang sudah kita persiapkan untuk dijemput Malaikat Maut? Apakah kuburan 'VIP' akan menjadi jaminan bagi kita untuk mendapat posisi 'VIP' juga di alam kubur nanti?

-----------------------------------------
Sumber: 

Categories: Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...