Background

WAH, CIUMAN BISA BIKIN BADAN SEHAT

Saat rutinitas dan keseharian menyita waktu Anda untuk berolahraga, berciuman ternyata dapat menjadi pilihan menyenangkan dan menyehatkan tubuh. Seperti apa?
Penasaran seperti apa manfaat berciuman bagi kesehatan? Simak ulasan berikut, dilansir Mirror & Shine.

Redakan panas tinggi
Penelitian yang dilakukan tim dokter dari Rumah Sakit Satou-Jepang mengatakan bahwa ciuman memicu perasaan relaks penderita demam sekaligus mengurangi produksi histamine yang memicu peningkatan suhu tubuh.

Situs Ananova yang merilis berita ini menulis 24 pria dan 24 perempuan yang menderita panas tinggi dan menjadi responden penelitian ini diharuskan berciuman selama 30 menit dengan pasangan masing-masing sambil mendengarkan musik berirama lembut. Setelah itu sample darah mereka diambil. Setelah diperiksa diketahui bahwa antibodi tubuh mereka meningkat.
"Hal ini hanya terjadi pada mereka yang berciuman, bukan berpelukan," ujar Dr. Hajime Kimata, ketua tim peneliti pada harian The Mirror.

Turunkan kolestrol
Penelitian yang dilakukan pada 52 pasangan suami-isteri selama enam minggu menunjukan bahwa meningkatkan frekuensi berciuman dapat menurunkan total serum kolesterol. Tak hanya itu, penelitian lain juga menunjukan bahwa pria mencium pasangannya tiap pagi memiliki risiko stroke lebih rendah dibanding pria yang langsung bergegas ke kantor. 
Mengurangi ketegangan
"Ciuman yang penuh gairah merupakan teknik relaksasi cukup efektif. Saat berciuman pernapasan dapat menjadi lebih dalam dan lebih teratur," kata konsultan stres, Michelle Kay McNabb.

Tingkatkan imunitas
Aksi berciuman ternyata mampu melepaskan antibodi untuk melawan penyakit dan bakteri. Tentunya, lebih menyenangkan daripada mengandalkan jarum suntik.

Bikin kuat gigi
Pertukaran air liur saat berciuman bekerja sebagai penetral asam dalam mulut penyebab gigi berlubang dan membantu menguatkan gigi.

Awet muda
Studi menemukan gerakan berciuman memerlukan 30 otot wajah untuk bekerja, sehingga mampu mengencangkan pipi dan dagu.

Sembuhkan flu
Hormon histamin sebagai sistem imun tubuh meningkat sehingga dapat menyembuhkan bersin-bersin dan flu. Maka, ketimbang mengandalkan tisu, mengapa tidak beraksi dengan mulut?

Meningkatkan kebugaran
"Jantung dapat berdetak lebih kencang dan memompa darah lebih baik ketika berciuman. Saat berciuman maka adrenalin akan dilepaskan ke dalam aliran darah dan jantung memompa darah lebih baik ke seluruh tubuh," kata Dr Susan Hotchkies. [mor]
Ciuman dalam Islam
Islam sebagai agama yang komprehensif telah mengatur masalah ciuman dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Bahkan Rasulullah selalu mencium istrinya setiap kali mau pergi ke masjid. Hal ini pernah disampaikan oleh Siti Aisyah melalui haditsnya, “Bahwa Nabi saw biasa mencium istrinya setelah wudhu, kemudian beliau shalat (di masjid).” (H.R. Abdur-Razaq).
Hadits tersebut merupakan isyarat bagi kita, betapa pentingnya seorang suami maupun istri untuk selalu mencium pasangannya, sekalipun keluar rumahnya hanya beberapa saat. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga cinta dan kasih di antara mereka berdua.
Banyak penelitian yang mengungkap tentang keajaiban ciuman. Misalnya, penelitian yang dilakukan oleh salah satu Lembaga Asuransi Kehidupan di Amerika tentang pengaruh ciuman terhadap kehidupan manusia, dan hasilnya adalah, ”Sesungguhnya ciuman di pagi hari antara suami-istri memegang peranan penting yang lebih menyembuhkan daripada buah apel."
Suami yang mencium istrinya di pagi hari sebelum menuju tempat kerjanya akan merasa tenang saat bekerja. Ciuman lebih menenangkan atau menahan urat saraf, dan lebih mampu menghadapi kebimbangan. Di samping memberikan ketenangan pikiran dan kelapangan serta ketentraman, juga memberikan kepuasan dan kebahagiaan serta kerelaan.”
Selain itu, penelitin tentang ciuman juga dilakukan oleh Dr. Coolman kepada ribuan orang dan hasilnya cukup menguatkan, bahwa ciuman di pagi hari melahirkan keistimewaan tertentu dan susunan kimiawi, seperti memberikan perasaan senang dan lapang yang berbeda dengan perasaan internalnya.”
Bahkan Bernie Siegel, baru-baru ini melakukan penelitian tentang ‘khasiat’ ciuman seorang istri bagi suaminya maupun seorang ibu bagi anak-anaknya. Sampel diambil dari kalangan peserta (suami) yang naik mobil pribadi untuk ke kantor dan dibagi dalam dua kelompok.
Kelompok pertama adalah para suami yang berangkat ke kantor dengan terlebih dahulu dicium oleh sang istri, dan kelompok kedua adalah mereka yang pergi ke kantor tanpa dicium oleh sang istri. Setelah beberapa waktu ditemukan bukti yang menakjubkan.
Suami yang pergi ke kantor dengan ciuman sang istri lebih memiliki kemungkinan kecil untuk mengalami kecelakaan di perjalanan daripada mereka yang berangkat kerja tanpa merasakan kecupan mesra dari sang istri.
Ternyata kualitas dan antusias bekerja pun mengalami perbedaan yng cukup signifikan. Kecupan tulus sang istri ketika memberangkatkan suami bekerja ternyata telah meminimalisir kemungkinan hadirnya WIL (Wanita Idaman Lain).
Jelaslah, bahwa ciuman memiliki energi yang dahsyat untuk menjaga stamina dan keharmonisan rumah tangga kita. Namun yang pasti jangan sampai Anda mencium suami/isteri orang ya!!!
---------------------------------------------------------
Sumber: 
> diolah dari berbagai sumber.

Categories: Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...