Background

MERAUP JUTAAN DOLLAR DARI BISNIS JEJARING SOSIAL

Bermula dari keluhan Catherine Cook dan saudara laki-lakinya, David, perihal foto di album kelulusan sekolah, membuahkan ide membuat situs jejaring sosial bernilai jutaan dolar. Catherine kemudian membuat situs jejaring sosial dari komputer di kamarnya, dan dalam enam tahun Ia sudah memiliki 25 juta pengguna di seluruh Amerika Serikat. Myyearbook.com adalah salah satu dari 25 situs yang paling banyak dikunjungi di negara itu, dan perusahaan Catherine bernilai 20 juta dolar.

Kesuksesannya melebihi pendiri Facebook Mark Zuckerberg. "Semua terjadi dengan cepat. Satu menit kami mendapatkan ide, selanjutnya kami mendapat investasi 250.000 dolar. Kakak saya Geoff sudah menikmati kesuksesan dengan situs lain dan memutuskan untuk berinvestasi pada kami," kata Catherine (21), seperti dikutipDaily Mail.

Ada berbagai fitur dalam situs itu yang membuatnya lebih kompleks daripadaFacebook, paling tidak kemampuan untuk memilih dalam leaderboard popularitas. "Kami harus menggambar setiap halaman dengan tangan. Kemudian kami menemukan tim pengembang di Mumbai, India. Sangat menarik, tetapi kami masih di SMA. Saya mengerjakan pekerjaan sekolah saya sepanjang hari, dan kemudian tetap bangun hingga jam 4 pagi demi membahas bersama pengembang India."

Catherine dan David meluncurkan situs dari rumah mereka di Skillman, New jersey, April 2005. "Ibu dan ayah saya keduanya insinyur listrik, tetapi kami melakukan semua pekerjaan sendiri. Kami mempromosikan situs di sekolah, memakai T-shirt  aneh keliling kampus. Selanjutnya  situs itu mulai dikunjungi anggota dari sekolah-sekolah di seluruh negeri pada November 2005, hanya beberapa bulan setelah peluncuran.

"Saat kami mendapat satu juta anggota saya merasa sangat senang, namun juga begitu takut. Kehidupan berubah seperti yang saya tidak bayangkan sebelumnya." Pada tahun 2006 Catherine menginvestasikan kantor di New Hope, Pennsylvania.
Di usia 16 tahun, Catherine sudah memiliki 12 staf pengembang baru. "Kalau ingat masa lalu,  aku hanya mendapatkan dua jam tidur malam. Sulit untuk mengelola sekolah dan bekerja, tetapi segera setelah saya lulus dari SMA, dan saat  bisnis mulai  lepas landas saya menyadari kehidupan pribadi saya  malah kacau, "katanya.

Saat mulai merambah bisnis banyak orang yang ragu Myyearbook.com bisa menyaingi  MySpace, kenyataannya  dia kini memiliki seperempat jumlah  pengunjung MySpace dan punya karyawan 100 orang.

Ketika berbicara tentang penyebab situs  tersebut sukses, Catherine mengatakan, "Kebanyakan teman-teman saya benar-benar menerima ide situs itu. Mereka bergabung di situs tersebut dan memberi saran-saran."

--------------------------
Sumber: 
1. ant
2. hidayatullah.com

Categories: Share

2 Responses so far.

  1. Unknown says:

    Makasih apresiasinya gan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...